Tren Bisnis Makanan dan Minuman di Tahun 2021

Hi Sobat Senna! Di antara kita semua pasti ada yang pernah berfikir kira-kira usaha apa ya yang akan sukses di tahun 2021? Tren makanan dan minuman yang laku apa sih di tahun 2021? Eits, daripada bingung, yuk terus lanjut baca tulisan ini sambil dengerin musik di kala suntuk.

Bagi kalian yang mungkin akan memulai usaha, apalagi di kala pandemi, pastinya kalian akan lebih banyak pertimbangan untuk membuka suatu usaha di bidang makanan dan minuman. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan perilaku konsumen setelah adanya pandemi COVID 19. Pada tulisan ini, Tim Senna akan mengulas secara lengkap bagaimana pandemi COVID-19 mengubah dan hal apa yang dapat kita manfaatkan. Kemudian makanan yang populer di tahun 2020 dan perkiraan produk yang akan laku di pasaran di tahun 2021.

Yang Terjadi pada Industri Makanan dan Minuman saat Pandemi COVID-19  :

Seperti yang telah kita ketahui bersama, penyebaran Pandemi COVID-19 telah mengubah kehidupan orang di seluruh penjuru dunia. Mobilitas mulai dari manusia, barang, hewan dibatasi, hal tersebut menyebabkan mulai beroperasi dengan kapasitas dan kemampuan terbatas, orang-orang dipaksa untuk tinggal di rumah dan gaya hidup berubah.

Penyebaran virus yang kian tak terkendali memaksa kita untuk melakukan karantina dan isolasi diri di rumah. Hal ini menyebabkan orang memiliki perubahan kebiasaan terutama dalam memilih makanan. Sebagian masyarakat mulai meningkatkan keterampilan memasak mereka saat berada di rumah karena tidak banyak pilihan makanan yang tersedia di lingkungan sekitar rumah dan yang lainnya melakukan perubahan menuju hidup yang lebih sehat. Banyak orang beralih ke makanan untuk kenyamanan selama masa yang cukup melelahkan ini.

Perilaku konsumen bukanlah satu-satunya perubahan yang terjadi pada tahun 2020. Pabrik dan peternakan telah ditutup pada titik waktu yang berbeda dalam upaya memperlambat penyebaran virus. Adanya penutupan pabrik ini memiliki konsekuensi yang tidak menguntungkan karena hal ini dapat menunda aktivitas produksi dan menciptakan kekurangan stok sementara di beberapa daerah.

Kilas Balik Tren Makanan dan Minuman di 2020  :

Pandemi COVID-19 telah membuat banyak orang mengubah kebiasaannya, termasuk kebiasaan berwisata kuliner yang kini berganti menjadi ajang mengasah kemampuan masak. Tak heran tagar #masakdirumah sempat trending di TikTok dan banyak fenomena chef amatir.

Banyak sekali inspirasi memasak yang bisa didapatkan dari TikTok. Salah satu inspirasi TikTok yang menjadi viral yaitu Dalgona Coffee. Dalgona Coffee merupakan sebuah minuman susu UHT yang disajikan dengan kopi yang dicampur dengan gula hingga bertekstur seperti whipped cream. Minuman ini sangat viral hingga dijadikan sebagai sebuah challenge yang dinamai Dalgona Challenge.

Selain itu, banyak beragam makanan hitz yang banyak digemari selama pandemi seperti Salmon Mentai, Korean Garlic Bread, Peach Gum, Sei Sapi NTT, Dessert Box, Kopi Susu Literan, Popcorn Permen, Pancake Sereal, Goguma Latte, Katering Makanan Sehat, dan masih banyak lagi.

Seiring berjalannya waktu, tentunya tren makanan juga berkembang. Nah, karena masa PPKM diperpanjang pada tahun 2021 maka lebih banyak tren makanan dan minuman seperti :

1.            Aneka Mentai

Mentai atau mentaiko merupakan makanan berasal dari Jepang. Mentai berisi telur ikan yang dibumbui dengan lada. Saus mentai ini terbuat dari campuran telur ikan yang sudah diassinkan dengan mayonnaise kemudian dibakar menggunakan blue torch.

Seiring perkembangannya, banyak orang yang membuat mentai versi rumahan. Satu porsi mentai biasanya terdiri dari nasi, seafood (cumi, gurita, salmon, fishball, dan sejenisnya), dan diatasnya dibaluri mayonnaise pedas serta potongan rumput laut kering (nori). Tak hanya nasi, kini dimsum pun bias dibuat versi mentai, lho!

2.            Dessert Box

Biasanya dessert hanya disajikan dalam porsi kecil dan biasanya sebagai makanan penutup untu 3 meals course. Namun karena pandemi ini, beberapa orang membuat dessert yang dimasukkan ke dalam sebuah box berukuran 10 x 10 cm atau 15 x 15 cm. Varian dessert box ini juga beragam, mulai dari coklat, tiramisu, red velve, biscuit regal, biscuit lotus, dan varian premium yang lainnya. Untuk harga, dessert box ini dibandrol dengan harga Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,- tergantung jenis varian regular atau premium

3.            Rice Bowl berbagai Topping

Alternatif penyajian makanan nasi selain piring adalah mangkok. Nasi yang disajikan di dalam mangkok (rice bowl) menjadi alternative dan menjadi tren kuliner baru di masa pandemic ini. Dengan penyajian seperti ini memudahkan sebagian orang yang ingin membawa makanannya pulang (take away). Selain lebih mudah untuk dibawa, penyajian ini juga lebih hemat tempat dibandingkan metode lain. Hidangan rice bowl ini menjadi viral karena salah satu chef terkenal di Indonesia memiliki sebuah usaha rice bowl dengan lauk yang bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *